TKW Kerja di Vila Keluarga Raja Arab Digaji Rp38 Juta & Bonus Rp 60 Juta, Tugasnya?

Jakarta – Mendapatkan pekerjaan untuk menghidupi keluarga memang bukan hal yang mudah. Terkadang tidak akan tahu akan mendapatkan rezeki di mana dan dari siapa.

Ada beberapa orang yang harus rela meninggalkan keluarga mereka demi bekerja menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di negeri orang. Mereka terikat kontrak yang membuatnya enggak bisa sering-sering pulang ke Indonesia.

Kata TKW mungkin identik dengan majikan yang kejam dan penindasan, ya. Namun, tak semua TKW merasakan hal yang sama, Bunda. Beberapa TKW bahkan hidup makmur dan bergaji fantastis, lho.

Hal ini dirasakan oleh salah satu TKW yang bekerja di Arab, Fitria Denafa. Fitria sudah bekerja selama hampir 16 tahun di kota Ta’if.

Fitria bekerja di sebuah perumahan atau vila Amir di kota Ta’if. Meski sudah bekerja selama hampir 16 tahun, Fitria mengaku belum bertemu dengan majikannya. Ia hanya bertemu satu kali di kota Jeddah.

“Ya Alhamdulillah saya kerja di perumahan Amir, ya. Dan ini villa. Kalau dulu biasanya kalau liburan itu majikan saya berlibur di kota Ta’if. Tapi untuk beberapa tahun ini udah lama banget mungkin udah lebih dari 15 tahun. Saya pun jarang ketemu dengan majikan,” kata Fitria dilihat dari kanal Youtube Sahabat Salam.

“Jadi memang villa ini kosong. (Bertemu) satu kali, itu pun bukan di kota Ta’if tapi di kota Jeddah,” sambungnya lagi.

Fitria sendiri bertugas untuk membersihkan vila Amir tersebut. Ia pun mengatakan tak memiliki duka selama bekerja karena ia hanya bekerja selama tiga bulan sekali.

“Dukanya itu enggak ada sama sekali. Jadi adanya itu suka. Karena memang rumah ini enggak ditempati jadi saya pun bekerja hanya tiga bulan sekali,” tutur Fitria.

Tak hanya itu. Fitria juga mengaku bahwa gajinya selalu dikirim tepat waktu dan tak pernah ada kendala, lho. Ia juga menceritakan kondisi vila yang ia rawat selama 16 tahun itu.

Meski hanya bekerja tiga bulan sekali, Fitria selalu mendapatkan gaji setiap bulannya. Ia pun mengatakan bahwa gaji yang ia terima tidak pernah telat.

“Gaji tiap bulan setiap tanggal satu pastinya udah dikirim melalui bank. Jadi tinggal diambil,” katanya.

Sang majikan memang jarang mengunjungi vila tempatnya bekerja, tapi beberapa kali sempat ada keluarga yang datang. Di saat itulah Fitria mulai sedikit sibuk.

“Iya, tapi kalau ada family majikan yang mau datang ke sini, itu yang agak sedikit ya mungkin 10 hari lah itu yang sibuk,” imbuh Fitria.

Fitria juga menjelaskan bahwa bagian luar vila tersebut memang nampak lapuk dan kumuh. Namun, bagian dalam vila sangat glamor dan barang-barangnya keluaran dari negara Italia.

“Tapi bangunan ini memang luarnya sudah lapuk dan tua. Tapi bagian dalamnya itu MasyaAllah Tabarakallah. Jadi semua aksesoris pokoknya semua yang ada di dalam itu made in Itali semua.”

Fitria juga bercerita awal mula ia bisa bekerja sebagai TKW di rumah seorang pangeran atau raja Arab ini. Fitria juga membeberkan gaji dan bonus yang ia dapatkan setiap bulannya.

Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang TKW di vila Amir, ibu mertua Fitria lah yang bekerja menjaga vila itu. Namun, saat sang ayah mertua Fitria meninggal dunia, sang Amir tak ingin ibu mertua Fitria pulang ke Indonesia.

“Jadi pas mertua saya yang laki meninggal, almarhum Abah, jadi Amir itu menghibur umi (ibu mertua) biar umi itu enggak pulang ke Indonesia. Jadi kalau punya anak suruh ke sini, punya cucu suruh ke sini,” ungkapnya.

Saat itu, Fitria sempat bingung karena ia tiba-tiba disuruh bekerja sebagai TKW. Bahkan pada saat datang, Fitria membawa sang anak yang baru berusia 12 bulan.

“Jadi saya kaget. Lho, saya ini disuruh kerja apa gimana? Kok anak juga harus dibawa? (Ke Arab) bawa anak umur 12 bulan,” jelas Fitria.

Tak hanya itu, Fitria mengungkapkan jumlah gaji yang ia terima perbulannya nih. Berdua dengan sang suami, setiap bulannya Fitria mendapatkan gaji sekitar 10 ribu riyal atau sekitar Rp38 juta per bulan.

“Kalau berdua ya Alhamdulillah lah sekitar 10 ribuan (Riyal). Itu pun gaji ya. Biasanya setiap bulan atau dua bulan sekali itu biasanya ada bonus. Bonus lebaran, bonus lebaran haji, Alhamdulillah. Makanya mertua saya bisa sampai 35 tahun (bekerja dengan Amir),” kisahnya seraya tersenyum.

“Kalau dulu setiap satu tahun itu ya di Ta’if kan ada dua musim. Musim panas dan musim dingin. Jadi 6 bulan sekali nanti dikirim untuk baju panas, nanti 6 bulan lagi dikirim untuk baju dingin. Kalau dulu kalau ada keluarga majikan pernikahan itu (bonus) ada uang ada pernikahan,” sambungnya.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh TKI sekaligus YouTuber Alman Mulyana, Fitria dan sang suami, Mahfud, mengungkapkan bahwa mereka kerap mendapatkan bonus ketika sang majikan pergi ke luar negeri. Tak hanya itu, Mahfud juga menjelaskan kalau bonus lebaran yang mereka terima sekitar Rp60 juta, lho.

“Lebaran aja itu kita dapat 15.000 Riyal, (sekitar Rp60 jutaan),” ujarnya. (haibunda.com)

Komentar Disini

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERKINI

1.400 Pegawai KB Bukopin Kok Pada Resign, Ada Apa Sih?

Jakarta - Sekitar 1.400-an Pegawai KB Bukopin mengundurkan diri pada akhir 2021. Pegawai-pegawai ini berasal dari seluruh kantor cabang KB Bukopin di seluruh Indonesia. Menanggapi peristiwa tersebut...

Lelaki Idaman Angel Lelga: Jujur dan No Drama

Jakarta - Angel Lelga sudah cukup lama menyandang status janda dan saat ini, dirinya mengaku tidak memiliki kekasih. Namun, mantan istri Vicky Prasetyo itu tak mau...

Demi Bayar Utang Rp 1 Miliar, Ibu Hamil Rela Jual Ginjal

DEPOK - MM (23) yang telah kehabisan akal untuk menutupi utangnya yang menumpuk hingga mencapai Rp 1 miliar berencana untuk menjual ginjalnya. Berdasarkan penuturan MM di...

Nyanyi Lagu Sunda, Fadli Zon Singgung Pejabat Haus Kuasa

Jakarta - Politikus Partai Gerindra Fadli Zon mengunggah cuitan yang bermuatan menyindir tentang pejabat yang haus kuasa. Cuitan melalui akun twitter pribadinya itu ia...

TERPOPULER

Kalimat Khusnul Khatimah atau Husnul Khatimah, yang Tepat Ya?

Jakarta - Masyarakat masih banyak yang ragu memilih kalimat antara khusnul khatimah atau husnul khatimah. Padahal, setiap kata memiliki arti yang berbeda. Biasanya, kalimat khusnul...

Apa Jawaban Jazakalla Khairan? Ini Balasannya dan Arti Lengkapnya

Jakarta - Ucapan 'Jazakalla Khairan' biasa diucapkan ketika sesorang menerima kebaikan dari orang lain. Lantas, apa jawaban 'Jazakalla Khairan'? Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk...

“Kupas” PT.Karapoto Bersama OJK dan DPRD

TERNATE,Beritamalut.co-Komisi II DPRD Kota Ternate, Kamis (8/3/2018) gelar pertamuan dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) wilayah Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Gorontalo, kemudian dari...

Warga Temukan Mayat Seorang Nelayan di Perairan Pesisir Pantai Payahe

TIDORE, Beritamalut.co - Masyarakat di Kecamatan Oba, Tidore Kepulauan, Maluku Utara digegerkan dengan penemuan sesosok mayat di pesisir pantai Kelurahan Payahe Kamis (20/5/2021) tadi. Mayat...

Seorang Mahasiswi Ditemukan Meninggal di Halaman Tempat Tinggalnya

TERNATE, Beritamalut.co - Warga Kelurahan Sasa, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate digegerkan dengan penemuan sesosok mayat jenis kelamin perempuan yang diketahui bernama Aprilita Suryanti...

Suami Prioritaskan Ibunya atau Istri?, Ini Penjelasan dalam Alquran dan Hadist

Jakarta – Seorang suami memiliki peran dan tanggung jawab yang lebih besar, di antaranya adalah peranan dan tanggung jawabnya kepada istrinya. Karena seorang istri...